7 Digital Marketing Yang Paling Menarik Tahun 2019

Novriadi.comDigital Marketing Yang Paling Menarik – Digital marketing semakin berkembang di seluruh dunia. Di Indonesia digital marketing sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup menjanjikan. Besarnya perhatian pelaku usaha terhadap digital marketing memberi angin segar terhadap pelaku digital marketing di Indonesia.

Digital marketing dapat tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih. Semakin banyak penemuan dan aplikasi baru dalam digital marketing maka akan semakin besar dampak digital marketing terhadap perdagangan baik produk maupun jasa. Beberapa aplikasi digital marketing terbaru sudah menujukkan hasil yang sangat memuaskan. Tahun ini juga banyak sekali perkembangan digital marketing yang sayang kalau dilewatkan. Beberapa digital marketing yang paling menarik tahun 2019 adalah sebagai berikut:

Digital Marketing Yang Paling Menarik

Artificial intelligence

Artificial intelligence belum terlalu dikenal luas publik di Indonesia. Walaupun demikian, sebenarnya Indonesia sudah banyak menggunakan teknologi artificial intelligence dalam sistem teknologi informasi. Adaptasi sistem artificial inteligent memberikan dampak yang sangat bagus dalam memberikan pelayanan sistem yang akurat, penghematan anggaran, dan pengalaman kepuasan pelanggan terhadap layanan yang cepat,tepat dan berkualitas.

Teknologi artificial intelligence memiliki peran yang sangat besar dalam dunia digital marketing kedepan. Dengan menggunakan artificial
intelligence
perusahaan mendapatkan data yang sangat valid tentang prilaku konsumen dan dapat memberi respon yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Diantara perusahaan yang sudah menggunakan artificial intelligence adalah google, facebook, kantor berita, customers service online, dan lain-lain.

Live Video

Live video yang mulai digemari tahun lalu terus berlanjut hingga tahun ini. Berbagi video menjadi pengalaman menyenangkan untuk menggambarkan kondisi sebenarnya. Dalam dunia marketing berbagi video menjadi salah satu cara menyampaikan kepada publik sebagai konsumen tentang pengalaman produk dan layanan. Dengan berbagi video dapat memberikan gambaran utuh sebuah produk dan layanan terlebih bila dibagikan langsung dari pengguna. Banyak perusahaan menggunakan live video sebagai salah satu layanan yang menyenangkan konsumen.

Video Marketing

Video marketing merupakan salah satu media marketing yang sangat berdampak dalam promosi saat ini. Video marketing yang dibuat secara khusus dengan perencanaan yang matang sangat tepat untuk mencapai target pasar yang jelas. Perubahan masayarakat yang mulai berpindah dari konten tulisan menjadi konten video membuat video marketing memiliki peran penting dalam promosi.

Digital Marketing Yang Paling Menarik

Chatbots

Penggunaan chatbots sebagai bagian dari layanan konsumen akan terus ada dalam pelayanan chat customer services. Pengalaman kenyamanan konsumen yang dilayani chatbots yang rata-rat baik membuat chatbots menjadi idola baru dalam layanan konsumen. Kemampuan chatbots untuk memberikan layanan yang responsif, akurat, dan menyenangkan menjadi keunggulan chatbots.

Google display network (GDN)

Google display network atau yang lebih dikenal dengan GDN merupakan iklan google yang ditampilkan berbagai situs di dunia. Di Indonesi sudah banyak situs yang tergabung dalam GDN, hal ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan iklan di situs-situs besar melalui GDN. GDN akan terus berkembang ditengah banjirnya produk iklan digital yang menyita ruang digital marketing. Pemnanfaatan GDN sangat efektif dengan dukungan google yang memiliki jumlah pengunjung yang sangat besar sehingga produk iklan sangat mudah untuk dikenal.

Baca juga : Ide Bisnis Puasa

Google my business

Google my business merupakan salah satu aplikasi bisnis untuk memperkenalkan bisnis lokal dari google. Fitur ini sangat membantu untuk memberikan referensi bisnis kepada pengguna secara lengkap. Dengan data-data yang disajikan serta ulasan dari pelanggan membuat fitur google my business sangat akurat untuk referensi bisnis yang dicari pelanggan. Google my business saat ini menjadi fitur yang wajib digunakan pelaku usaha untuk membuat usaha dikenal dan mudah diakses pelanggan.

Social media marketing

Social media marketing masih menjadi primadona marketing di tahun 2019. Jumlah pengguna aktif sosial media yang begitu besar ditambah dengan tingginya penetrasi sosial media melalui smartphone membuat social media marketing masih menjadi pilihan digital marketing sampai tahun depan. Ditunjang dengan berbagai fitur baru sosial media yang membuat konektivitas dan ketergantungan pengguna terhadap sosial media membuat maka tidak heran jika sosial media tetap menjadi pilihan disamping tools digital marketing lainnya.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarakan, digital marketing akan terus tumbuh dan menguasai pasar periklanan  meninggalkan sistem konvensional. Perkembangan teknologi informasi yang mendukung perkembangan digital marketing yang semakin mudah, efisen, dan cepat membuat dunia digital marketing semakin menarik sampai kapanpun. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda pelaku digital marketing maupun pengguna layanan jasa digital marketing.

Pelaku digital marketing sekarang sudah semakin banyak sekali, dan kemungkinan makin bertambah pula produk digital yang akan dipasarkan. Untuk itu peluang bisnis digital ini paling cocok buat kaum millenial dan sangat bisa di rasakan dampak untuk kedepannya.